PALANGKA RAYA – Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) memberikan beasiswa kepada 14 mahasiswa yang menempuh kuliah di Universitas Palangka Raya secara penuh.

Yakni, YABN akan menanggung semua biaya perkuliahan mahasiswa dari awal hingga lulus dengan jenjang 4 Tahun. Hal tersebut tertuang dalam Perjanjian kerjasama kedua pihak, yakni Rektor UPR Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si dan Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri Okty Damayanti, berlangsung di Aula Rahan Gedung Rektorat UPR, Jumat (05/08/2022) sore.

Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Okty Damayanti menyampaikan bahwa program beasiswa tersebut adalah bentuk kepedulian dan dukungan PT. Adaro Energy Tbk, terhadap pembangunan SDM di Kalteng. Terlebih  mempersiapkan SDM asal Kabupaten Murung Raya yang kuliah di UPR.

“Kami hadir di sini, dalam rangka menjalin kerjasama dengan Universitas Palangka Raya. Melalui program IBFL. Dimana, program ini untuk mempersiapkan putra-putri lokal terbaik, untuk menjadi calon pemimpin masa depan bangsa,” ujarnya.

Lanjut Okty mengatakan program beasiswa ini memberikan peluang kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu yang berasal dari daerah-daerah di provinsi Kalimantan Tengah, terutama yang berasal dari wilayah operasional Adaro Mineral Indonesia di Kabupaten Murung Raya, untuk melanjutkan Pendidikan Tinggi dan menempuh jurusan pendidikan sesuai dengan kebutuhan daerahnya.

“Adapun bantuan beasiswa yang diberikan, meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT); biaya hidup, biaya tempat tinggal, BPJS Kesehatan, Biaya Settlement, dan kegiatan-kegiatan Pembinaan Mahasiswa selama 4 tahun (Full Scholarship) untuk memenuhi kebutuhan dasar mahasiswa,” katanya.

Lanjutnya, dana yang disiapkan untuk program beasiswa tersebut sebesar Rp. 2.5 Milyar yang dibagi untuk 14 mahasiswa penerima program IBFL hinggal lulus.

Kemudian, dari pihak UPR, Rektor Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih dan menyambut baik adanya bantuan beasiswa tersebut.

“Secara pribadi, saya menyambut baik program beasiswa yang diberikan hari ini. Karena, sebenarnya kami juga sudah lama menunggu adanya bantuan beasiswa dari PT. Adaro Energy, Tbk, sekitar 32 tahun lamanya, dan akhirnya hari ini dapat terwujud,” ujarnya.

Rektor juga mengharapkan, kedepannya PT Adaro dapan menambah lagi kuota penerima beasiswa dan tidak hanya untuk mahasiswa asal Kabupaten Murung Raya, tapi kalau bisa secara universal.

Rektor juga mengharapkan, bentuk kerjasama PT Adoro tersebut dapat menjadi contoh untuk perusahaan lainnya yang bergerak di area Kalteng.

“Saya harap niat baik PT Adaro dapat dapat dicontoh perusaan lain. Karena ini bukti nyata bawah perusahan peduli akan pembangunan. Tidak hanya melakukan eksploitasi saja,” Katanya.

Turut juga menyaksikan penandatangan MoU, yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama  Prof Dr Sulmin Gumiri MSc. Saat dibincangi, dirinya menyampaikan bahwa baru PT.Adaro yang memberikan beasiswa secara penuh kepada mahasiswa.

“Dari sebelumnya hanya bersifat bantuan pendidikan namun tidak sampai lulus. Saat ini PT.Adaro yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kuliah di UPR, dari awal hingga lulus,”ucapannya.

Pria yang juga kandidat Bakal Calon Rektor dengan nomor urut 03 tersebut  menyampaikan, bentuk kerjasama dengan PT Adaro dengan UPR, bukan hanya beasiswa hingga lulus kuliah, namun ada juga pembinaan softskill, leadership dan lainnya kepada mahasiswa yang meraih beasiswa tersebut. “Jadi beasiswa ini bukan hanya dukungan agar mahasiswa menjadi sarjana, tetapi turut melatih leadership skill dan karakter yang baik, sehingga memiliki social skill, serta life and career skill yang memadai untuk menghadapi dunia kerja,”singkat ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga disaksikan Wakil Rektor Bidang Hukum Organisasi SDM dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Suandi Sidauruk, MPd, sejumlah dekan,  perwakilan manajemen dari YABN dan PT. Adaro Energy Tbk, diantaranya Zuraida Murdia Hamdie, YABN Departemen Head; Sri Armiyati Djarkasi, CSR Section Head, Adaro Mineral Indonesia; Ramon Ramba, Goverment Relation Section Head Adaro Mineral Indonesia. (Rul)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.