PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Kuwu Senilawati mengatakan, pelayanan administrasi di Kotawaringin Barat (Kobar), khususnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat perlu peningkatan.

Kuwu menjelaskan, peningkatan pelayanan administrasi kependudukan tersebut bukan tanpa alasan.

Mengingat, satu dari dua  unit alat perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) mengalami kerusakan. Kemudian, ada tiga unit alat pencetakan KTP-el, dengan kondisi satu unit rusak dan dua unit dalam kondisi baik, dengan salah satunya adalah pinjaman dari Disdukcapil Lamandau.

“Pekan kemarin Komisi I melaksanakan kunjungan kerja ke Kobar. Di sana kami menemukan pelayanan administrasi kependudukan seperti perekaman KTP-el mengalami kendala karena ada kerusakan pada alat-alatnya. Makanya, perlu ada peningkatan sarana dan prasarana untuk meningkatkan pelayanan publik khususnya perihal administrasi kependudukan,” katanya kemarin.

Selain terkendala sarpras dan fasilitas, politisi fraksi Gerindra ini mengungkapkan, kendala lain yang dihadapi Disdukcapil Kobar, yakni terkait proses upgrade data kependudukan dalam rangka migrasi data ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat di wilayah kerja Disdukcapil Kobar.

Di mana saat ini tidak tersedianya menu laporan yang sesuai dengan kebutuhan pihak terkait.

Meskipun menemukan sejumlah kendala, pihaknya mengapresiasi, upaya Disdukcapil Kobar dalam pencapaian target layanan melalui sejumlah strategi.

Seperti peningkatan sapras dan sumber daya ASN dengan optimalisasi anggaran, jemput bola atau pelayanan keliling, yaitu pelayanan pada setiap sekolah serta desa dan kelurahan di Kobar.

Disdukcapil Kobar juga menggencarkan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat untuk peningkatan pemahaman melalui sosialisasi, pamplet, baliho, media sosial, yang didukung Inovasi melalui program Silahkan Datang  Kami Melayani Kerjasama Online dengan Desa atau Kelurahan (SIDA KAM).

“Tapi kami harapkan, apa yang menjadi kendala bisa ditindaklanjuti segera oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (rul/abe)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.