KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten setempat, memiliki dua balai benih ikan (BBI) yakni di Kurun Seberang dan Tewah.

Kedua BBI itu memiliki tiga komuditas ikan unggulan yang siap dipasarkan ke masyarakat. Tiga ikan komoditas unggulan itu, ikan Patin, Ikan Gurame dan ikan nila. Khusus di Kecamatan Tewah, karena fasilitas listrik belum memadai, maka hanya mengembangkan ikan nila.

Kepala DPKP Kabupaten Gumas Hansli Gonak mengatakan di BBI Kurun Seberang  memiliki tiga komuditas ikan unggulan yang sedang dikembangkan dan siap dipasarkan untuk masyarakat. Untuk mengembangkan ikan perlu adanya indukan dari beberapa jenis ikan.

“Ikan yang memiliki indukan itu pertama Patin, Gurame dan Nila. Kemudian di BBI Tewah mengingat sarana-prasarana kita disana masih belum maksimal karena belum ada listrik, cuma kita kembangkan untuk Nila saja,” ucap Hansli Gonak dibincangi, Jumat (5/8).

Untuk proses pemijahan, katanya diperlukan listrik. Itulah sebabnya di Tewah pihaknya hanya mengembangkan budidaya ikan nila. Berbeda di Kurun seberang karena cukup tersedia listrik, maka dikembangkan tiga komoditas ikan unggulan. Patin, Nila dan Gurame.

“Kalau untuk indukan yang ada terkhusus Ikan Gurame ada 72 ekor. Maka dari itu kami mencoba bersama rekan kita yang ada dilapangan pengelola BBI kita berikan target setiap bulan seperti gurame perbulan sebanyak 3000 benih, patin ditargekan 5000 benih, dan nila 4000 target perbulannya,” akui dia.

Lalu untuk patin, tambah dia, pihaknya melakukan evaluasi mulai dari pelaksanaan hingga pemijahan bisa melampaui target 15 ribu.  Hampir mencapai 20 ribu ekor bibit dari bulan Mei, April, hingga bulan Juni.  Proses ikan patin tersebut dilihat dari kematangan indukan. Itulah yang dapat mengejot target.

“Sementara ini untuk bulan Juli lalu indukan ikan patin masih dalam proses pematangan telor. Dimulai lagi di bulan Agustus ini  jumlah indukan yang ada itu sudah mulai matang telornya, maka kembali dilakukan pemijahan di minggu depan,” tukas. (nya)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.