KASONGAN – Polres Katingan terus berupaya mengantisipasi dan menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Katingan.

Komitmen tersebut ditegaskan oleh Kapolres Katingan AKBP P. Sonny Bhakti W, berupa berkomitmen bersinergi dengan pemangku kepentingan setempat dalam rangka antisipasi dan penanggulangan karhutla.

Memiliki lahan gambut terluas di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan presentase 29 Persen. Wilayah berpenduduk 162.200 jiwa ini begitu rawan akan terjadinya karhutla.

Kapolres menuturkan, faktor alam dan tradisi buka lahan yang dilakukan oleh masyarakat masih menjadi sebab utama terjadinya karhutla di Katingan.

“Faktor cuaca alam yang bersahabat sangat menentukan, apabila terjadi karhutla langsung kita upayakan dipadamkan, dengan adanya kemajuan teknologi semuanya bisa diantisipasi dan terdeteksi dini. Tahun ini kemarau basah ikut mendukung upaya penanggulangan karhutla,” kata AKBP Sonny Bhakti, Kamis (4/8/2022).

Dari data yang dikeluarkan oleh DLH Kab. Katingan, ada 102 titik api yang berhasil dilacak. Melihat data-data sebaran tahun-tahun sebelumnya, penurunan drastis htitik hotspot terlihat pada peta sebaran tahun 2022 ini.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.