TAMIANG LAYANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) dan Hari Jadi ke 20 Kabupaten Barito Timur (Bartim), Pemerintah Kabupaten Bartim menggelar Expo Bartim 2022.

Kegiatan yang akan diselenggarakan mulai 20 Juli sampai dengan 9 Agustus 2022 ini secara resmi akan dibuka oleh Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, Rabu (20/7/2022) pukul 16.00 WIB.

Ketua Panitia Penyelenggara Hari Jadi ke-20 Kabupaten Bartim, Panahan Moetar, mengatakan dalam kegiatan Expo Bartim 2022 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bartim lebih menonjolkan UMKM dan pedagang kaki lima. Pasalnya, selama kurang lebih 2 tahun UMKM dan pedagang kaki lima di wilayah Kabupaten Bartim mengalami kesulitan karena dilanda pendemi Covid-19.

“Kegiatan Expo Bartim 2022 ini dimerihakan bazar dan pameran ekonomi kerakyatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan ada geliat dan ada semangat pelaku UMKM dan pedagang kaki lima di Bartim untuk bangkit kembali dari keterpurukan,”kata Pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah Bartim, saat dikonfirmasi awak media.

Dijelaskannya, selain menyelenggarakan Expo Bartim 2022, masih dalam rangkaian hari jadi ke-20 Kabupaten Bartim, Pemerintah Kabupaten Bartim melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan menggelar acara Nansarunai Jajaka dan hajatan Bontang di Bartim.

“Semua rangkaian kegiatan ini kami tujukan untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan melalui UMKM dan pedagang kaki lima di Barito Timur yang kita cintai ini,”ujar Panahan usai berkeliling meninjau pembangunan stad di lokasi Expo Bartim 2022.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bartim sudah ada 30 UMKM dan pedagang kaki lima yang ambil bagian dalam kegiatan bazar. Jumlah inipun bisa bertambah lantaran  masih ada pelaku UMKM dan pedagang kaki lima yang mau ikut mengisi kegiatan tersebut.

Selain menghadirkan produk-produk UMKM dan Pedangan Kaki Lima, kegiatan Expo Bartim 2022 ini juga menampilkan stand-stand yang diisi oleh SKPD dan Kecamatan se-Kabupaten Bartim. Dalam stand tersebut SKPD dan Kecamatan akan menampilkan hasil kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Bartim.

Selain itu, beberapa OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan memberikan pelayanan di lokasi Expo  Bartim 2022. Karena itu, rugi bagi masyarakat Kabupaten Bartim yang tidak menyaksikan kegiatan Expo Bartim tahun ini. (ell/cen)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.