Sudah Kirim Surat ke DPR RI dan Pemerintahan Pusat Tidak Ditanggapi

KUALA KURUN – Aksi damai memblokade Jalan Kuala Kurun – Palangka Raya yang dilakukan aliansi masyarakat Gunung Mas beserta tiga organisasi masyarakat (Ormas) di Desa Dahian Tambuk mendapat dukungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

Anggota DPRD Kabupaten Gumas Untung Jaya Bangas mendukung aksi damai oleh aliansi masyarakat Gumas memblokade jalan angkutan hasil produksi Perusahaan Besar Swasta (PBS) khususnya ruas Jalan Kuala Kurun – Palangkaraya di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya.

Menurutnya Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang menjadi satu-satunya jalan ke luar masuk hasil produksi PBS, saat ini kondisinya rusak parah. Kerusakan ini diakibat oleh angkutan PBS overlod dan overdimensi.

“Saya sebagai wakil masyarakat sangat mendukung aksi yang dilakukan oleh masyarakat, karena apa yang dilakukan masyarakat sangat benar,” terang Untung Jaya Bangas, Selasa (19/7).

Politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini menjelaskan, sudah beberapa kali masyarakat menyampaikan apresiasinya. Mulai dari DPRD Kabupaten Gumas hingga ke DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Masyarakat juga sudah melakukan aksi protes pada tanggal 5 Januari 2022 dengan memblokade jalan dan menyetop truk angkutan PBS.

“Dalam aksi itu, dibuat kata sepakat dengan Bupati Gumas yang disaksikan oleh Kapolres Gumas, anggota DPRD dan tokoh masyarakat dengan ditanda tangani di atas meterai, serta disaksikan masyarakat di Desa Karitak,” jelasnya.

Ia menambahkan melalui aliansi peduli masyarakat Gunung Mas juga telah berkirim surat ke komisi III, IV, VII DPR RI, ke KLHK, Sumberdaya Mineral, Mabes Polri dan KPK di Jakarta beberapa waktu lalu. Namun, DPR RI dan lembaga pemerintah tidak menanggapi sama sekali.

“Surat aliansi tersebut saya sendiri yang mengantar ke institusi itu dan sampai sekarang tidak ada tanggapan yang dilakukan oleh institusi atau lembaga-lembaga itu. Maka saya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh masyarakat,” tandas dia. (nya)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.