KASONGAN – Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (FBPHS) Kabupaten Katingan Tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Bupati Sakariyas SE, di Lapangan Sport Center Kasongan, Rabu (13/07/2022) sekitar Pukul 19.00 WIB. Kegiatan yang berlangsung sejak 13 – 15 Juli Tahun 2022 tersebut, dimeriahkan oleh 365 peserta asal 13 kecamatan se-Kabupaten Katingan.

Hadir pada acara pembukaan tersebut, antara lain Sekda Katingan Pransang, S.Sos, Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto, S.Sos beserta sejumlah anggota dewan lainnya, beberapa Kepala OPD, Wakapolres Katingan, Pabung 1015 Sampit di Kasongan, Kapolsek Katingan Hilir, sejumlah Camat dan seluruh kontingen peserta FBPHS.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, atas keikutsertaan dan kehadiran peserta dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Katingan. Dirinya juga menyambut baik dan mendukung sepenuhnya prakarsa dilaksanakannya kegiatan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei  Tahun 2022.

“Saya berharap, kegiatan ini tetap berkualitas, sukses dan lancar pelaksanaannya, serta bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan masyarakat, khususnya di Kabupaten Katingan dan Provinsi Kalimantan Tengah pada umumnya. Budaya merupakan rumah atau tempat bersemayamnya norma-norma religi, adat istiadat, etika dan estetika, benda purbakala, peninggalan sejarah, kesenian, baik ritual maupun kesenian komunal,” jelasnya.

Disampaikannya juga, bahwa budaya tersebut bisa saja punah dan tergilas oleh kemajuan zaman dan hal tersebut harus diwaspadai. Salah satu upaya nyata untuk  melestarikan, menjaga, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya tersebut dengan pembinaan terhadap generasi muda melalui event-event lomba seperti Festival Budaya Penyang Hinje Simpei. “Hal ini dapat menjadi cikal bakal tumbuh dan berkembangnya kecintaan kita terhadap seni dan budaya Dayak Kabupaten Katingan ini,” kata Sakariyas. (ndi)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.