PURUK CAHU – Terus berkembangnya teknologi dan internet saat ini mengharuskan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Mengengah (IKM) untuk mengikuti perkembangan tersebut selain terus mengikuti perkembangan pasar yang menjadi target usahanya.

Ketua Komisi III DPRD Murung Raya Ahmad Tafruji SP terus berupaya untuk mendorong peningkatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di Kota Puruk Cahu.

Menurutnya saat ini pemerintah melalui berbagai kebijakan dan upaya telah mendukung para pelaku usaha tersebut untuk terus berkembangan ditengah persaingan global saat ini.

“Sekarang pemerintah daerah bukan hanya fokus memberikan sebuah kebijakan dalam mempertahankan kelangsungan usaha UMKM dan IKM saja, tapi sudah mengarah kepada bagaimana kedepan usaha UMKM dan IKM lebih maju dengan memanfaatkan teknologi,” kata Politisi asal partai PAN ini saat di bincangi awak media, Selasa (12/7/2022).

Tafruji juga berharap, UMKM dan IKM masa depan mampu berdaya saing menjadi penggerak perekonomian di tengah masyarakat khususnya di Kota Puruk Cahu.

“Para pelaku usaha harus juga terus memikirkan bagaimana meningkatkan kualitas produknya, sehingga memiliki daya bersaing yang inovatif dan kreatif serta berbasis teknologi,” ungkapnya lagi.

Untuk menuju ke target tersebut para pelaku usaha ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah, baik dari segi permodalan, pelatihan, hingga menjadi jembatan bagi para pelaku usaha dengan pihak perbankan.

“Peran pemerintah daerah kita sangat di perlukan oleh seluruh pelaku usaha, untuk mampu terus mengikuti pasar dan teknologi pemasaran,” tambahnya.

Ahmad Tafruji juga memberikan beberapa peluang usaha yang bisa dilirik oleh para pelaku UMKM dan IKM saat ini di Kota Puruk Cahu, seperti bisnis kuliner, bisnis fashion, bisnis pendidikan, bisnis otomotif, bisnis agribisnis, bisnis tour dan travel, bisnis produk kreatif, bisnis teknologi internet, bisnis kecantikan, bisnis event organizer, bisnis jasa kebersihan, bisnis kebutuhan anak.

“Cukup banyak peluang bisnis yang bisa menjadi pilihan bagi para pelaku UMKM dan IMK kita, yang bisa berkembangan dan bisa menjadi pilihan masyarakat terutama usaha jasa,” tandasnya. (udi)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.