SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio meresmikan secara langsung Puskesmas Pangkalan Muntai, Kabupaten Sukamara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman Puskesmas Pangkalan Muntai, Rabu (6/7).

Dalam kesempatan itu Windu mengutarakan bahwa Puskesmas memiliki angka yang ideal cakupan pelayanan pada 25.000 – 30.000 jiwa, Kecamatan Sukamara sendiri dengan jumlah penduduk sekitar 32.626 jiwa, idealnya memang hanya memerlukan satu puskesmas, namun kondisi jarak tempuh dan geografis beberapa desa dengan puskesmas induk yang tidak memungkinkan, sehingga perlu dibangun gedung puskesmas baru.

“Jadi hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan ke masyarakat, meningkatkan mutu layanan, memperbaiki akses jalan serta penambahan fasilitas kesehatan. Tentunya kita patut berbangga karena Puskesmas Pangkalan Muntai bisa kita bangun dan dapat beroperasi bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sukamara,” ucap Windu, di Halaman Puskesmas Pangkalan Muntai, Rabu (6/7).

Sementara itu dia juga menjelaskan bahwa Puskesmas ini menelan biaya yang cukup besar dari anggaran dana alokasi khusus bidang kesehatan serta layak untuk dikembangkan menjadi rumah sakit pertama  seperti yang terdapat di Kotawaringin Lama.

“Meski saat ini, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, masih merupakan bagian dari Puskesmas Sukamara dengan status rawat jalan, namun saya harapkan dapat segera beroperasi menjadi puskesmas rawat inap yang akan kita cukupi tenaga kesehatan beserta alat-alat Kesehatannya,” imbuhnya.

Disamping itu juga, Windu berharap dengan diresmikannya Puskesmas ini fasilitas dan pelayanan kesehatan akan lebih baik, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat khususnya di Desa Pangkalan Muntai dan Desa-Desa Sekitarnya seperti Sukaraja, Petarikan dan Bukit Sungkai.

“Tentunya saya berharap dengan diresmikannya Puskesmas ini, untuk fasilitas dan pelayanan kesehatan akan lebih baik, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat khususnya di Desa Pangkalan Muntai dan sekitarnya. Adapun pembangunan Gedung puskesmas ini merupakan suatu ikhtiar kita bersama menciptakan generasi emas pada masa yang akan datang,” tandasnya. (*/iza/jun)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.