KASONGAN – Anggota DPRD Kabupaten Katingan M. Fahrudin mengingatkan masyarakat yang bermukim di bantaran Sungai Katingan berhati-hati dan waspada kemungkinan datangnya bencana bajir. Apalagi berdasarkan ramalan cuaca BMKG, intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi.

“Kemungkinan besar banjir akan terjadi kembali seperti tahun sebelumnya. Harapan saya, masyarakat bisa secepatnya melakukan antisifasi dini dan mewaspadari kemungkinan datangnya banjir tersebuti,” tuturnya pada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, banjir telah terjadi di Kecamatan Katingan Tengah dan Sanaman Mantikei. Untuk itu dirinya menghimbau, agar masyarakat bias mengamankan barang-barang berharganya terutama barang elektronik.

“Tampaknya banjir sudah menjadi agenda tahunan, jadi kita harus memiliki manajemen mitigasi yang lebih baik guna meminimalisir korban harta dan jiwa,” ujarnya.

Untuk kedepan, Fahrudin juga menghimbau warga yang permukimannya rawan banjir untuk pindah dan mencari lokasi baru. “Bencana banjir ini sudah tidak bisa dihindari. Kedepan harus dipikirkan, bagaimana cara merelokasi permukiman warga yang rawan banjir,” katanya.

Untuk diketahui, jika intensitas hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan terendam air. Informasi terakhir, air sungai telah merendam pelabuhan dan permukiman warga di Kecamatan Katingan Tengah. (ndi)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.