PALANGKA RAYA – Saat melaksanakan reses belum lama ini ke Kabupaten Barito Selatan Anggota DPRD Kalteng, Yulilis menerima, aspirasi dari masyarakat Kecamatan Gunung Awai.

Dikatakannya, saat reses itu diadakan pertemuan dengan masyarakat serta Kepala Desa Tabak Kanilan. Di mana disampaikan aspirasi mengenai insentif untuk ketua RT dan kepala desa dari Pemprov Kalteng.

“Berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari pertemuan itu, disebutkan oleh kepala desa disana pada tahun 2014, 2015 ada insentif dari pemprov. Tapi setelah itu tidak ada lagi. Jadi ini yang mereka harapkan, supaya insentif itu bisa diberikan lagi,” ungkapnya, Sabtu (2/7/2022).

Selain itu, ada juga aspirasi lain yang disampaikan oleh Kepala Desa Tabak Kanilan terkait hasil sosialisasi perusahaan tambang batu bara yang ada di wilayah tersebut, yakni berkaitan dengan tenaga kerja atau karyawan.

“Awalnya tenaga kerja yang ada di perusahaan itu diminta harus diprioritaskan warga desa disana yang bekerja di perusahaan tersebut. Namun dalam pelaksanaannya tidak sesuai kenyataan,” ujarnya.

Tidak berhenti disitu, aspirasi juga disampaikan oleh panitia pembangunan Langgar Nurul Jannah yang terdapat di Desa Bipak Kali Kecamatan Gunung Bintang Awai. Yang mana panitia mengusulkan bantuan dana.

“Panitia langgar tersebut memohon bantuan dana kepada Pemprov Kalteng. Yakni untuk rehabilitasi Langgar Nurul Jannah, dana yang dibutuhkan sebesar Rp 205.100.000,” ucapnya.

Selanjutnya, aspirasi di bidang kesehatan, juga telah pihaknya terima pada waktu itu. Aspirasi itu disampaikan oleh pihak Puskesmas Gunung Bintang Awai.

“Puskesmas yang ada itu sampai saat ini belum mempunyai sarana rawat inap dan dokternya kurang aktif, hanya satu atau dua hari turun kerja dalam seminggu dan berdomisili di Buntok. Jadi ini yang menjadi keluhan mereka serta diharapkan ada solusi,” jelasnya.

Kemudian ada juga disampaikan masukan dari Kepala Desa Kayuban. Di mana warga masyarakat disana mengusulkan pembuatan sambungan irigasi sepanjang 3 Km.

“Tokoh masyarakat Desa Tabak Kanilan juga ada mengusulkan pembuatan pagar kuburan, karena posisinya berada dipinggir jalan raya. Besar harapan, masyarakat semua aspirasi yang

Disampaikan itu dapat direalisasi,” tutupnya. (rul/abe)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.