PANGKALAN BUN – Hujan yang melanda wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membuat 5 (lima) Kecamatan dilanda Banjir. Bahkan beberapa ruas jalan putus akibat karena terbawa arus sungai. Kondisi ini membuat beberapa warga merasa ketakutan, Kamis (30/6).

Lima Kecamatan tersebut yakni Arut Selatan, Arut Utara, Kotawaringin Lama, Pangkalan Lada serta Pangkalan Banteng.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kobar, Syahruni membenarkan bahwa telah terjadi hujan dengan intensitas sedang dan tinggi beberapa hari terakhir. Hal ini disebabkan  Hidrometeorologi atau cuaca ekstrim yang menyebabkan terjadinya peningkatan DAS Arut dan DAS Lamandau.

“Benar telah terjadi dengan intensitas sedang hingga tinggi, jadi itu salah satu faktor penyebab banjir,” kata Syahruni.

Akibatnya beberapa sungai meluap ke areal akses Jalan, jembatan, lingkungan pemukiman warga. Bahkan hingga ke sawah dan perkebunan di beberapa wilayah terdampak Kabupaten Kotawaringin Barat. Pihaknya langsung menurunkan tim untuk melakukan tindakan agar jalan yang putus dapat dilalui dengan baik. Apalagi dengan bantuan pihak perushaaan menurunkan alat berat agar kondisi jalan kembali normal.

“Banjir yang melanda di Kobar mencapai ketinggian air berkisar ± 10 cm -1,5 meter. Kami sudah melakukan berbagai upaya penanganan,”ucapnya.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.