PALANGKA RAYA – Wakil rakyat asal pemilihan Kalteng V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Rusita Irma mendorong pemerintah daerah meningkatkan ruas jalan ke arah Pelabuhan Bahaur.

Hal ini disampaikan Srikandi Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) di gedung dewan setempat, kemarin. Peningkatan jalan ini guna kelancaran aktivitas masyarakat serta mobilitas barang dan jasa di wilayah setempat.

“Masyarakat mengharapkan, adanya perbaikan ruas jalan di Desa Gohong, Malik hingga ke arah fery penyeberangan menuju Pelabuhan Bahaur. Karena kondisi jalan, khususnya pada spot-spot, tertentu masih rusak,” ucap Rusita Irma di gedung dewan, kemarin.

Ia juga mendorong juga pemerintah daerah memaksimalkan fungsi pelabuhan, baik sebagai sarana bongkar muat barang dan jasa penumpang.

“Peranan pelabuhan sebagai prasarana pendukung angkutan barang dan jasa agar terus dimaksimalkan. Salah satunya Pelabuhan Bahaur di Pulang Pisau,” ucapnya lagi.

Mantan anggota DPRD Pulang Pisau ini juga menyampaikan, sektor pelabuhan yang ada saat ini diharapkan dapat lebih dimaksimalkan lagi untuk mendorong peningkatan sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kalimantan Tengah.

“Kami harapkan dinas atau instansi terkait dapat mencari pola dan cara memaksimalkan sejumlah pelabuhan bongkar muat yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Kalteng. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan PAD, termasuk, khususnya pelabuhan Bahaur,” ucapnya lagi.

Dikatakan wakil rakyat daerah pemilihan (dapil) V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini, keberadaan pelabuhan perlu terus dikelola secara maksimal.

“Jadi agar pemerintah daerah terus meningkatkan sarana dan prasarana utamanya, akses jalan dan jembatan menuju pelabuhan termasuk sarana penunjang lainnya,” ujarnya.

Disampaikan pula, sarana pendukung untuk menunjang kegiatan di pelabuhan sangat penting agar mampu menjadi tempat bongkar muat barang dengan aman dan lancar.

Diungkapkan, saat ini cukup banyak pelabuhan laut maupun pelabuhan sungai yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah,baik di Kabupaten Pulang Pisau, Palangka Raya, Sampit, Kotawaringin Barat (Kobar), Seruyan dan lainnya.

“Penting juga penambahan rambu-rambu baik rambu di jalan maupun rambu-rambu di laut dan sungai,” ucapnya.

Rusita Irma yang juga anggota Komisi I bidang pemerintahan, hukum dan keuangan ini menyampaikan, khususnya di Kahayan Kuala selain usul bibit dan pupuk, masyarakat juga mengusulkan perbaikan jalan penghubung antar kecamatan.

“Dulu jalan bisa tembus ke kecamatan sarang hancur tidak bisa dilalui. Sekarang harus lewat pesisir laut dan sangat kesulitan. Dulu ada sungai, namun sekarang sudah longsor dan harus diperbaiki. Termasuk ke Sungai Kayu dan Sungai Layar,” bebernya.

Rusita juga berharap, ada dana sharing perbaikan jalan, selain melalui dana multiyear dan reguler dari provinsi di arah jala Desa Gohong dan Maliku. (rul/abe)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.