Hendra: Perusahaan Jangan Benturkan Masyarakat dan Kepolisian

PALANGKA RAYA – DPD Joman Kalteng memberikan dukungan kepada mayarakat di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang kini sedang menuntut haknya dari PT Astra Agro Lestari. Pihak Joman mengatakan, dalam permasalahan tersebut, pihak perusahaan diminta agar tidak membenturkan mayarakat dengan cara menerjunkan pihak kepolisian ke lokasi lahan yang dipermasalahkan.

Ketua DPD Joman Kalteng, Hendra Jaya Pratama mengatakan, masalah yang terjadi antara masyarakat dan pihak perusahaan, yaitu masalah hak masyarakat selaku ahliwaris pemilik lahan yang diabaikan oleh pihak perusahaan. Sedangkan pihak perusahaan sudah cukup lama beraktivitas dan mengambil keuntungan dari lahan tersebut.

“Permasalahan ini melibatkan pihak ahliwaris dari Kesultanan Kuninhg di Kobar dengan PT Astra. Khususnya terkait fee dari hasil perkebunan kelapa sawit yang sebelumnya berjalan dengan baik, namun beberapa waktu kemudian terhenti” jelas Hendra, Kamis (30/6/2022).

Dikatakannya juga, pihak ahliwaris dari Kesultanan Kuning memiliki bukti-bukti penguasaan atas lahan tersebut.

“Informasi yang kami terima, jika dalam tujuh hari pihak perusahaan tidak menghadirkan Legal HO dari Jakarta sesuai perjanjian, maka para ahli waris dari Kesultanan Kuning beserta kerabat dan masyarakat lainnya akan turun ke lapangan. Meskipun yang menjadi kendala saat ini, pihak kepolisian yang kerap dibenturkan dengan mayarakat” sebut Hendra.

Sementara itu, Gusti Ahmad Efendi selaku perwakilan dari ahli waris Raden Ira Wani Gusti Husni selaku pemilik lahan sebelumnya mengatakan, permasalahan antara pihaknya selaku ahliwaris dan perusahaan PT Astra memang berlangsung sudah cukup lama. Yaitu masalah lahan yang kini digunakan oleh pihak perusahaan.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.