PALANGKA RAYA – Pemilihan Umum (pemilu) serentak tahun 2024 memang masih dua tahun lagi. Namun tahapan demi tahapan sudah mulai dilakukan, dimana hingga saat ini Partai Politik (parpol) yang sudah punya aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) di KPU RI sebanyak 26 parpol.

“Dari 75 Politik total yang terdaftar di Kemenkumham. Sampai saat ini yang sudah memasukkan data melalui Sipol ada 26 Parpol,” kata Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrahim saat diwawancarai awak media, Rabu (29/6).

Harmain menambahkan mulai saat ini Parpol sudah dapat memohon aktivasi aplikasi Sipol di KPU RI. Parpol bakal entry data dokumen melalui aplikasi tersebut. Selanjutnya mendaftarkan bakal entry data dokumen melalui aplikasi tersebut.

“Setelah tahapan tersebut, KPU Kalteng dalam hal ini akan menunggu Parpol untuk mendaftar dan akan ditindaklanjuti dengan verifikasi administrasi dan factual,” jelasnya.

Tabel 26 Parpol Akses Sipol

Tak hanya itu saja, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, mulai melakukan sosialisasi tahapan pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang. Secepatnya disampaikan kepada partai politik serta masyarakat, baik melalui jejaring internet, media sosial, dan juga datang ke kantor KPU setempat.

“Seperti diketahui, pada tanggal 14 Juni lalu KPU RI telah melounching tahapan-tahapan Pemilu paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan suara,” kata Harmain.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.