TAMIANG LAYANG – Pemerintah Desa Hayaping, Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur (Bartim) terus berupa upaya mengenjot pembangunan bidang infrastruktur jalan yang belum rampung. Pasalnya, hal itu sebagai kebutuhan akses warga masyarakat setempat.

Kepala Desa Hayaping, Krinasyandi, menjelaskan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap satu, telah rampung membangun jalan lingkungan berupa pembangunan peningkatan ruas jalan sepanjang 950 meter diwilayah RT 06.

“Peningkatan ruas jalan itu dibangun dari DD tahap satu 2022 sebesar Rp 131.712.340,” kata Krinasyandi.

Dijelaskannya, bahwa  peningkatan jalan desa merupakan satu kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak, mengingat jalan adalah salah satu kebutuhan masyarakat Hayaping. Sebab sebalumnya kondisinya rusak parak, sehingga jika tidak segera dibangun akan berdampak menghambat perekonomian masyarakat.

“Perbaikan atau peningkatan ruas jalan tersebut menjadi program skala prioritas yang sudah teruang dalam RAPBDes 2022,” ungkapnya.

Menurut Krinasyandi, bila infrastruktur jalan sudah terpenuhi, maka secara otomatis pendistribusian hasil bumi atau usaha masyarakat akan lancar, sehingga akan berdampak positif dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat di desa Hayaping.

“Jalan yang dibangun sangat berfungsi untuk mendorong perekonomian masyarakat ,khusunya masyarakat petani setiap hari melintas jalan tersebut,” terangnya.

Krinasyandi juga menambahkan bahwa pemerintah desa Hayaping juga telah melaksanakan pembangunan fisik lainnya seperti program bedah rumah, bagi masyarakat yang tidak mampu sebesar 15 juta dan juga pembangunan tugu tata batas Hayaping-Biwan Rp62.025 .000,-dari dana silpa DD 2022 dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD kepada 57 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Saat ini pelaksanaan fisik Dana Desa tahap satu sudah selesai dan kita tinggal menunggu pencairan DD tahap dua,” tandasnya. (ell/cen)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.