KASONGAN – Pihak dewan meminta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, agar merespon hasil reses atau kunjungan kerja yang disampaikan melalui Paripurna. Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Katingan, H. Hanafi kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Menurut dia, tujuan reses DPRD tersebut untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen. Termasuk pula, pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan. “Itu sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan khususnya di Kabupaten Katingan ini,” ucapnya.

Diungkapkannya, bahwa sudah berulang kali hasil reses disampaikan melalui Rapat Paripurna DPRD. Namun sayangnya, hal itu tidak pernah direspon oleh dinas terkait. “Adapun beberapa aspirasi dari masyarakat, antara lain meminta agar melakukan perbaikan dan peningkatan ruas jalan. Pembangunan rumah dinas guru, pengadaan guru dan pengadaan perawat maupun bidan serta permintaan bantuan ternak dan lainnya,” sebutnya.

H. Hanafi menuturkan, jika memang belum bisa dilaksanakan, dinas yang bersangkutan sebenarnya jangan hanya berdiam diri saja. Tetapi, harus direspon apa yang disampaikan melalui Paripurna DPRD tersebut. “Apabila hanya dengan alasan keterbatasan anggaran, maka bisa diupayakan untuk tahun mendatang,” pungkasnya.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan, jika dengan alasan keterbatasan keuangan, tentu pada saat pembahasan Anggaran Pendapat Asli Daerah (APBD) setiap tahunnya pasti selalu terbatas. Sehingga, tidak pernah ada istilah kelebihan anggaran. 

“Karena jawaban seperti ini sudah biasa. Kita kembali berharap aspirasi dari masyarakat ini harus direspon dengan baik oleh pemerintah daerah. Dengan adanya respon tersebut, kita sebagai wakil rakyat yang turun ke lapangan bisa menyampaikan kembali ke masyarakat,” imbuhnya. (ndi)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.