PALANGKA RAYA–Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Nuryakin, secara resmi melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Provinsi Kalteng Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin Tahun 1443 H/2022 M. Acara pelepasan berlangsung di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (18/6/2022) malam.

Acara pelepasan ditandai dengan penyerahan secara simbolis sarung dan mukena serta tambahan uang saku untuk jemaah haji yang diserahkan Sekda Kalteng H. Nuryakin kepada Ketua Kloter 5, H. Tuani Ismail. Untuk diketahui, CJH termasuk petugas mendapat uang tambahan belanja dari Pemprov Kalteng melalui Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI ) Kalteng masing-masing satu juta rupiah dan di tambah bagi laki-laki 1 pcs sarung dan bagi wanita 1 pcs mukena.

Pada tahun 2022 ini, Kalteng memberangkatkan CJH berjumlah 752 orang yakni laki-laki berjumlah 349 orang dan wanita berjumlah 403 orang yang diberangkatkan secara bertahap. Pada Kloter 5, Jemaah Calon Haji yang diberangkatkan berjumlah 360 orang berasal dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Gunung Mas serta petugas haji daerah dan petugas kloter. Jadwal kepulangan Jemaah Calon Haji Kloter 5 yakni pada 30 Juli 2022 mendatang.

Sementara itu, CJH yang diberangkatkan pada Kloter 6 berjumlah 360 orang berasal dari Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Murung Raya serta petugas haji daerah dan petugas kloter. Adapun pada Kloter 7, CJH yang diberangkatkan berjumlah 32 orang berasal dari Kota Palangka Raya. Jadwal kepulangan CJH Kloter 6 dan Kloter 7 yakni pada 1 Agustus dan 2 Agustus 2022 mendatang.

Nuryakin mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji kepada seluruh CJH yang berangkat, diiringi doa semoga menjadi haji yang mabrur. (jun/cen)

Nuryakin berpesan agar CJH memperhatikan beberapa hal, antara lain menyiapkan diri sebaik-baiknya, beradaptasi, dan membaur dengan seluruh CJH yang lainnya, dengan situasi dan kondisi yang ada di negara tersebut.

“Hendaknya ibadah haji yang nanti saudara-suudari laksanakan akan bermuara pada perubahan perilaku dan mental spiritual, bukan hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa, dan negara,” tutur Nuryakin.

Diharapkannya kepada para CJH agar mengembangkan semangat kebersamaan, dan kasih sayang terhadap sesama serta menjaga kondisi kesehatan.

“Kepada seluruh petugas, baik Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), Petugas Kloter, Petugas Kesehatan, maupun Petugas Pembimbing Ibadah Haji, agar mampu memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal bagi seluruh Jemaah Calon Haji Kalimantan Tengah. Saya juga berpesan agar selama menjalankan rangkaian Ibadah Haji, Jemaah menyelipkan doa bagi bangsa dan negara, terkhusus Provinsi Kalimantan Tengah, agar senantiasa rukun, harmonis, damai, tenteram, aman, dan sejahtera dalam bingkai keberagaman dan kebersamaan, demi terwujudnya Kalteng BerAKHLAK Penuh KeBERKAHan,” tutupnya.

Pelepasan Jemaah Calon Haji Provinsi Kalteng Kloter 5 dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng H. Noor Fahmi, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel sekaligus Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin H. Muhammad Thambrin, Ketua MUI Kalteng, serta sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel. (jun/cen)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.