KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengungkapkan jika kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa akan sangat mempengaruhi perkembangan kemajuan pembangunan yang ada di desa setempat.

Anggota DPRD Seruyan Rudi Hartono mengungkapkan, semua aparatur desa sudah memiliki peran dan tugasnya masing-masing yang berorientasi untuk kemajuan pembangunan di desanya masing-masing.

“Sama saja sebetulnya dengan instansi yang lain, di pemerintahan desapun sudah ada job desknya masing-masing. Sehingga kualitas SDM itu sangat berpengaruh pada output atau kinerja mereka, yang orientasinya pada kemajuan pembangunan itu tadi,” katanya, Jum’at (17/6).

Maka dari itulah, ia menilai jika program-program dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur desa tersebut perlu ditingkatkan. “Agar supaya mereka memiliki keterampilan dan menambah pengetahuan yang memadai, supaya bisa berkontribusi terhadap segala program untuk pembangunan serta kesejahteraan masyarakat desanya,” ujarnya.

Hal ini juga termasuk dengan kapasitas dari orang yang memimpin pemerintahan desa tersebut, yaitu kepala desa (kades). Sebagai orang dulunya cukup lama berkecimpung menjadi kades, ia mengakui bahwa dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun mengurusi segala hal yang berkaitan dengan pembangunan di desa bukanlah tugas yang mudah. (yad)

“Saya akui itu bukan hal mudah, perlu kerja keras. Dan betul-betul memegang peranan yang sangat penting agar penyelenggaraan sistem pemerintahan desanya itu berjalan baik, seiring dengan program-program yang dilaksanakan,” pungkasnya. (yad)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.