PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV membidangi tenaga kerja DPRD Kalimantan Tengah Bryan Iskandar mendukung dan mendorong, segera direalisasinya satu balai tenaga kerja (Naker) terpusat di tiap provinsi di seluruh Indonesia.

“Adanya rencana pemerintah pusat membangun satu balai tenaga kerja terpusat di tiap provinsi sangat baik. Saya setuju dan mendorong agar rencana itu bisa direalisasi secepatnya,” ucap Bryan Iskandar di gedung dewan, kemarin.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kalteng ini mengatakan bahwa sisi positif ketika adanya balai tenaga kerja terpusat di setiap provinsi akan cukup banyak.

Salah satunya ucap Bryan, penyaluran dana bantuan bergulir tiap tahun dari pusat akab bisa di dapat dan bisa dikelola untuk pelatihan, pengembangan ketenaga kerjaan di daerah secara berkelanjutan.

“Kalau hanya mengharapkan dana APBD untuk peningkatan ketenaga kerjaan akan lambat. Karena APBD Provinsi juga terbatas. Daerah juga butuh dukungan dana dari APBN, dalam peningkatan kualitas ketenagakerjaan di Kalteng,” ucapnya.

Wakil rakyat asal pemilihan Kalteng III Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara ini juga menyampaikan, bahwa kegiatan food estate di Kalteng juga membutuhkan banyak tenaga kerja terampil, sehingga peranan balai tenaga kerja terpusat ini sangat diperlukan.

“Balai tenaga kerja sementara ini hanya ada di wilayah Barito. Sehingga tidak maksimal dalam peningkatan dan pelatihan tenaga kerja di Kalteng,” katanya lagi.

Menurut Bryan, dengan adanya balai tenaga kerja terpusat, akan mampu menjawab tantangan dan kebutuhan ketenagakerjaan yang terampil dan berdaya saing kedepan.

“Balai pelatihan tenagakerjaan terpusat ini sangat kita butuhkan di Kalteng. Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang terampil yakni memiliki skill yang berdaya saing tinggi du tingkat lokal dan nasional,” pungkas Bryan. (rul/abe)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.