KUALA KURUN – Ratusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gunung Mas mulai menyelenggarakan ulangan semester satu Senin (13/6) sampai Jumat (17/6). Total jumlah SD yang menyelenggarakan ulangan semester 178 SD dan  58 SMP yang tersebar di wilayah Kabupaten Gumas.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Esra melalui Kabid Pembinaan SD dan SMP Silpanus  mengatakan ulangan semester ini dilakukan dengan sistem pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah yang melaksanakan pembelajaran selama enam hari berarti berakhir di hari Sabtu.

“Selesai ulangan semester, semua sekolah yang akan mengelola nilai dan mengaturnya sampai saatnya pembagian raport. Namun sebelum dibagikan, mereka sekolah wajib melakukan rapat penentuan nilai,” ucap Silpanus, Selasa (14/6).

Dia berpesan kepada guru-guru di wilayah Gumas agar mengusahakan seluruh siswa mengikuti ulangan semester. Apabila tidak bisa mengikuti ulangan semester agar ditelusuri permasalahanya apa. Sehingga sekolah bisa mengetahui penyebab anak didiknya tidak ikut semesteran.

 “Kami berpesan kepada guru-guru yang ada di Gumas agar bisa mengetahui penyebab anak murid yang tidak ikut semesteran. Kalau bisa didatangi dibantu.  Siapa tau si anak sakit dan tidak sempat memberitahukan ke sekolah. Ini dimaksudkan agar mereka terlayani program wajib belajar 9 tahun,” ujarnya.

Kemudian kepada para siswa yang akan mengikuti ulangan semesteram, katanya agar tetap berusaha belajar dengan baik di rumah. Karena dengan giat belajar itu dapat memperoleh ilmu yang cukup dalam menghadapi ulangan. Apabila ada tugas dari guru agar dikerjakan sesuai pelajaran yang ditentukan.

“Bagi murid kami berharap agar mereka tetap belajar walaupun di rumah. Paling tidak pelajarilah mata pelajaran yang akan diujikan sehari  sebelum,” pungkas dia. (nya)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.