KASONGAN – Penyediaan infrastruktur telekomunikasi melalui Program Percepatan Akselerasi Sinyal 4G atau internet di Kabupaten Katingan masih berjalan. Dalam kurun waktu tahun 2021 hingga 2024, telah dibangun menara-menara telekomunikasi yang akan mengcover sinyal internet pada 108 Desa dan Kelurahan yang masuk dalam kategori lemah dan blank spot sinyal.

Sejauh ini, jumlah menara telekomunikasi aktif di Kabupaten Katingan berjumlah 92 buah. Kemudian yang sudah terbangun tetapi belum aktif sebanyak tiga buah. Ada juga masih dalam tahap pembangunan, sebanyak sembilan buah. Sementara yang masih tahap persiapan administrasi rekomendasi serta perizinan, sebanyak 32 buah.

Jumlah ini akan terus bertambah, karena masih ada beberapa lokasi-lokasi yang masih masuk dalam tahap survei awal dari pihak Kemenkominfo RI. Program pemerintah pusat dalam bentuk pembangunan menara telekomunikasi ini, mendapat dukungan penuh dari kalangan DPRD Kabupaten Katingan.

“Program Percepatan Akselerasi Sinyal 4G atau internet di Kabupaten Katingan ini sangat bagus. Tentunya, perlu mendapat dukungan penuh dari semua pihak termasuk kami di dewan ini,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Katingan Esenhover, A.Md baru-baru ini.

Menurutnya, program ini sangat penting. Sebab masih sangat banyak desa di Katingan yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi maupun internet atau blank spot sinyal. “Apalagi di daerah hulu, ada banyak desa yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi atau jaringan internet,” sebut Politisi Partai Hanura ini.

Oleh sebab itu, Esenhover mendorong supaya program pemerintah pusat ini bisa terus berjalan maksimal. Sehingga semua wilayah desa, kelurahan, dan kecamatan di Kabupaten Katingan bisa secepatnya terkoneksi dengan jaringan telekomunikasi atau internet.

“Ini untuk mendukung program pemerintah, karena saat ini sudah era digital, dan serba online. Jika tidak didukung dengan jaringan, semua tidak akan berjalan dengan maksimal,” imbuh anggota dewan asal Daerah Pemilihan Katingan III yang meliputi Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (ndi)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.