KUALA KURUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mendorong pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para petani.

Kabupaten Gunung Mas memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Sayangnya masih sedikit petani yang tertarik untuk menggarap lahan pertanian. Salah satunya disebabkan kemampuan yang terbatas khusus pengoperasian alat-alat pertanian.

Anggota DPRD Kabupaten Gumas Dewi Sari mengatakan potensi pertanian di wilayah Kabupaten Gumas sangat luas. Hanya saja SDM para petani di Gumas masih rendah. Ini menjadi tugas pemerintah khususnya dinas terkait untuk memberikan pelatihan kepada para petani.

“Selama kunjungan kita ke desa, begitu banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan, khusus di bidang pertanian. Seperti pelatihan dalam mengoperasikan alat pertanian. Ini harus menjadi perhatian kita Bersama khususnya Pemkab Gumas,” ucap Dewi Sari, Minggu (12/6).

Srikandi dari partai Gerindra ini menuturkan sektor pertanian tidak hanya berdampak pada peningkatan pangan. Tetapi juga membuka peluang usaha khususnya masyarakat lokal. Semakin banyak masyarakat yang Bertani, kaka stok makanan di Gumas secara otomatis akan tercukupi.

Dewi Sari mengharapkan agar pemerintah daerah memfokuskan perhatiannya pada  program pelatihan bagi petani. Begitu juga program latihan penguasaan alat mesin pertanian. Selain itu, dia juga menyoroti insfrastruktur jalan menuju lahan pertanian yang masih kurang.

“Yang mendesak sekarang para petani diberikan pelatihan bagaimana caranya Bertani yang benar. Begitu juga pelatihan bagaimana caranya mengoperasikan alat-alat pertanian,” ujarnya. (nya)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.