KASONGAN – Rumah Sakit (RS) Pratama Tumbang Samba di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan mulai beroperasional. Saat ini, petugas di sana telah dapat melayani masyarakat yang hendak berobat maupun rawat inap dan layanan kesehatan lainnya.

Bupati Katingan Sakariyas SE melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan dr Robertus Pamuryanto menuturkan, jika saat ini masyarakat Kecamatan Katingan Tengah dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengakses pelayanan kesehatan rumah sakit.

“Jadi mulai awal Juni 2022, Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba telah membuka layanan rawat inap. Selain itu, juga layanan di UGD, persalinan, perawatan, laboratorium dan farmasi,” jelasnya, baru-baru ini.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Kesehatan sudah melakukan pembenahan dan persiapan baik sarana, fasilitas, serta ketenagaan yang dilaksanakan oleh Puskesmas Tumbang Samba.

“Untuk selanjutnya, kita secara bertahap akan dibuka poli-poli atau rawat jalan. Sementara sarana prasarana maupun SDM, juga akan dilakukan peningkatan lanjutan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tutur dr Robert.

Terpisah, Camat Katingan Tengah Yobie Sandra membenarkan jika rumah sakit yang dibangun sejak tahun 2021 lalu, kini sudah resmi operasional. Namun untuk pelayanannya, masih belum full sepenuhnya dan dilakukan secara bertahap.

“Untuk pelayanan seperti Poli, administrasi dan lainnya masih di Puskesmas Tumbang Samba. Karena di rumah sakit, masih menunggu kelengkapan SDM. Saat ini, masih menggunakan tenaga yang ada di Puskesmas. Jika peralatan medisnya, memang sudah lengkap semua di rumah sakit itu,” sebut Yobie.

Dia berharap, dengan beroperasinya rumah sakit itu bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Mengingat selama ini, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit, masyarakat harus pergi ke Kota Kasongan.

“Mudah-mudahan, dengan kehadiran rumah sakit Pratama Tumbang Samba ini, bisa memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal bagi warga kita di Katingan Tengah dan beberapa kecamatan lain,” ucap Camat. (ndi)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.