PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Duwel Rawing meminta, agar pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten atau kota, bisa memberikan perhatian kepada para guru yang bertugas di pelosok daerah. Salah satunya melalui pemberian tunjangan atau tambahan penghasilan.

Menurutnya, tambahan penghasilan maupun tunjangan tersebut dapat dijadikan prioritas oleh pemerintah. Mengingat, lingkungan yang terbatas membuat tugas mereka menjadi jauh lebih berat dibanding para guru yang bertugas di daerah perkotaan.

“Kami harap guru yang di pelosok ini bisa diprioritaskan. Apalagi tugas mereka jauh lebih berat, terutama dari segi sarana dan prasarana juga jarak tempuh yang jauh serta medan yang sulit menuju tempat mereka mengajar,” katanya kemarin.

Politisi fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, peran guru sangat penting. Pasalnya, tanpa kehadiran guru akan sangat menyulitkan bagi daerah dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berkompeten dan berdaya saing.

Untuk itu, adanya pemberian tunjangan dan tambahan penghasilan mampu menjadi upaya apresiasi terhadap kinerja guru di daerah. Selain itu, pemberian tunjangan tidak mesti dalam bentuk anggaran, melainkan dalam bentul lainnya, seperti percepatan kenaikan pangkat, hingga pemberian sarana dan prasarana maupun fasilitas penunjang kinerja.

“Pemberian tunjangan itu tidak serta merta berupa anggaran saja, tapi bisa dengan bentuk lain seperti percepatan kenaikan jabatan serta dukungan fasilitas penunjang kinerja. Itu semua tergantung pemerintah menyikapinya, seperti apa sesuai aturan, yang pasti wajib bagi pemerintah memperhatikan kesejahteraan para guru tanpa terkecuali,” pungkasnya. (rul/abe)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.